Khawatir Si Kecil Bermain Hujan? Lindungi dengan FitKidz Multivitamin Saja

“Yeay! Hujan turun! Ibu aku mau main hujan….”

Celotehan itu sering kita dengar dari si kecil saat ia melihat hujan turun. Seketika buah kita tersayang pun terlihat bersemangat, dan biasanya akan “merengek” meminta untuk bermain air hujan. Sebagai ibu, merasa khawatir — itu pasti. Pasalnya, air hujan dapat mengganggu kesehatannya. Flu, batuk, bahkan sampai demam bisa dialami oleh si kecil. Ingin dilarang? Sebagian ibu pun merasa tidak tega melakukannya. Khawatir si kecil akan merasa aktivitas dan kesenangan dunianya dibatasi, alhasil izin pun pasti akan ibu berikan untuk bermain hujan. 

Well, Honeymom’s, tahu nggak sih — bermain hujan tidak selalu menyebabkan anak kita bisa langsung sakit lho. Selama stamina tubuh anak terjaga dengan baik, serangan bakteri dan virus dijamin tidak akan mudah mengganggu kesehatannya. Nah, tentang hujan, pun ternyata memiliki manfaat yang baik untuk si kecil. Penasaran? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.  

Meningkatkan kekebalan tubuh 

Ketika bermain hujan, tubuh anak akan beradaptasi dengan perubahan suhu yang cukup drastis, dimana suhu dingin dari hujan mampu merangsang sistem imun sang anak agar dapat mengimbangi perubahan suhu yang diterima oleh tubuh. 

Mengembangkan kemampuan fisik dan motorik 

Saat bermain hujan, si kecil akan menggerakkan seluruh anggota tubuh mereka. Mulai dari melompat, berlari, berguling, melihat ke atas, mengadahkan tangan, mencipratkan air. Kegiatan tersebut secara tidak langsung membantu mengembangkan fisik dan motorik anak secara optimal — sama seperti olahraga yang harus dilakukan tapi dengan cara yang lebih menyenangkan tanpa paksaan.

Menghilangkan stress

Bermain hujan mampu melancarkan peredaran darah sehingga dapat membuat si kecil lebih rileks. Terdapat aroma petrichor yaitu aroma tanah yang mulai dibasahi oleh air hujan sehingga menimbulkan rasa tenang. Selain itu suara hujan juga memiliki ritme yang cenderung konstan sehingga mampu menyamarkan suara berisik dan membuat pikiran menjadi netral. 

Menumbuhkan daya kreativitas dan Imajinasi 

Saat bermain hujan, anak akan memiliki imajinasi dan kreativitas sesuai dengan khayalan mereka. Peran kita sebagai ibu, yuk bantu kita si kecil dengan membuat kegiatan bermain hujan yang mampu meningkatkan kreativitas mereka seperti membuat perahu dari kertas yang akan dialirkan dalam kubangan air yang mengalir, menyiram bunga dengan air hujan, bermain bola saat hujan dengan kegiatan seperti itu mampu merangsang kreativitas anak dengan cara yang sangat menyenangkan.

Bagaimana Honeymom’s? Masih kuatir memberi izin si kecil untuk bermain hujan? Nah, setelah bermain hujan, pastikan segera lepas pakaian basah agar kelembapan tidak meresap kedalam paru-paru. Segeralah bersihkan diri dengan mandi air hangat agar si kecil tidak kedinginan dan terjauh dari kuman yang menempel saat bermain hujan di luar rumah. Kemudian berikan asupan yang hangat seperti sup, bubur, susu ataupun teh. Tidak lupa langsung berikan Fitkidz Multivitamin ya agar anak kita  jauh dari penyakit dan tubuhnya dapat fit kembali!

[Content Writer: Febiola Valenciana]


Article Terkait