Lima Manfaat Madu untuk Anak, Honeymom’s Wajib Tahu

Madu merupakan cairan ajaib yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh, baik untuk kesehatan, penyembuh penyakit maupun untuk kecantikan. Madu tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa, ternyata bagi anak-anak yang berusia di atas satu tahun pun madu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Kandungan nutrisi yang ada pada madu sangat baik bagi tumbuh kembang dan kesehatan anak.

Mengapa madu sangat dianjurkan bagi anak usia di atas satu tahun? Karena di usia satu tahun pencernaan anak sudah baik dalam menyerap nutrisi yang terkandung dalam madu. Selain itu madu juga merupakan bahan alami yang tidak memiliki efek samping dalam jangka panjang. Sehingga sangat aman dikonsumsi oleh anak-anak. Berikut manfaat madu bagi perkembangan anak:

Penunjang Pertumbuhan

Dalam masa pertumbuhannya, tentu saja anak akan membutuhkan banyak asupan nutrisi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Di masa ini, sel-sel tubuh dan organ utama berkembang secara pesat untuk mempersiapkan anak menghadapi kehidupan yang lebih kompleks. Dalam hal ini, nutrisi dalam madu, khususnya kandungan zat besi (Fe) dan tembaga (Cu), sangat diperlukan anak untuk membantu proses terbentuknya hemoglobin dan sel darah merah. Berikan satu sendok makan madu secara rutin kepada anak untuk membantu memaksimalkan proses tumbuh kembangnya.

Sumber Energi

Kandungan fruktosa dalam madu merupakan pemanis alami yang dibutuhkan oleh tubuh anak sebagai sumber energi. Anak akan melalui masa aktif yang sangat pesat dimana mereka membutuhkan cadangan energi yang lebih untuk bergerak atau beraktivitas fisik lebih banyak. Selain dengan mengkonsumi makanan utama yang sehat dan kaya gizi, madu juga dapat mencukupi kebutuhan energi anak untuk aktivitas fisik sehari-hari.

Membantu perkembangan kecerdasan

Perkembangan otak anak pada usia 0-5 tahun merupakan periode emas dan waktu yang paling tepat untuk memberikan stimulus dan asupan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembangnya. Salah satu pemberian nutrisi bisa dilakukan dengan membiasakan anak mengkonsumsi madu. Madu dipercaya memiliki peran penting dalam perkembangan fungsi dan kecerdasan otak anak.

Membantu Daya Ingat

Konsumsi madu sebanyak 20 gram per hari ternyata dapat memicu regenerasi sel-sel dalam otak dan menstimulus produksi hormon yang berperan penting dalam perkembangan kognisi dan daya ingat anak. Sehingga bisa membantu anak dalam pertumbuhannya untuk bereksplorasi dan belajar hal baru.

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Zat besi dan vitamin kompleks yang ada pada madu memiliki peran yang sangat penting bagi perlindungan sistem daya tahan tubuh anak. Di masa perkembangannya anak sangat membutuhkan asupan nutrisi yang baik bagi organ tubuhnya agar terlindung dari pelbagai macam virus penyakit. Madu bisa digunakan sebagai suplemen nutrisi untuk memperkuat sistem imunitas tubuh.

Jadi tidak perlu ragu lagi untuk memberikan madu kepada anak ya, karena manfaatnya yang begitu banyak dan baik untuk tumbuh kembang anak. Untuk mendapatkan madu berkualitas, gunakan madu terbaik, seperti varian Madurasa Premium, yang mengandung royal jelly dan bee pollen. Madurasa, 100% madu asli dari alam Indonesia.


Article Terkait