Lunchbox Sehat dan Lezat Berbahan Madu

Kotak bekal atau yang sekarang lebih sering disebut lunchbox kini sedang populer. Dulu kotak berisi makanan ini biasa hanya dibawa oleh anak sekolah sebagai wadah bekal makan siang mereka. Namun sejak hidup sehat dan hemat menjadi sebuah tren di kota besar, tak hanya anak sekolah saja yang membawa lunchbox, pekerja kantoran pun membawa bekal.

Walau tren membawa lunchbox baru saja dimulai beberapa tahun belakangan, tahukah Anda bahwa orang sudah mulai menggunakannya sejak tahun 1800-an?

Dulu orang Amerika mulai menggunakan kotak kaleng yang awalnya dipakai sebagai tempat menyimpan tembakau untuk menaruh bekal mereka. Kotak kaleng tersebut kemudian diberi gambar-gambar menarik setelah teknologi lithography di atas kaleng muncul pada 1920-an.

Lunchbox dengan bahan aluminium baru muncul pada 1950-an, sejak adanya kebutuhan akan kotak yang lebih kuat dan tahan lama. Baru pada 1990-an, muncul lunchbox yang terbuat dari plastik. Lunchbox plastik ini menjadi favorit sampai sekarang karena ringan dan memiliki daya tahan yang tinggi.

CARA MEMILIH LUNCHBOX YANG SEHAT

Seperti disebutkan di atas, lunchbox terbuat dari plastik merupakan pilihan mayoritas pengguna lunchbox. Selain ringan dan memiliki daya tahan yang tinggi, warna dan bentuk wadah ini memikat hati. Makan siang jadi lebih menarik dengan menggunakan lunchbox dari plastik ini.Namun, sebagai mana juga berlaku bagi wadah plastik lainnya, perlu diingat bahwa kita harus berhati-hati dalam memilih lunchbox yang terbuat dari plastik. Terlebih karena lunchbox digunakan untuk menyimpan makanan kita. Sebelum membeli, baiknya kita intip lunchbox seperti apa yang aman untuk menjadi tempat makan kita.

Yang pertama kita lakukan adalah melihat simbol yang tertera di lunchbox plastik itu. Cari simbol berbentuk segitiga seperti simbol daur ulang yang memiliki angka di tengah-tengah. Angka itu menunjukkan aman atau tidaknya wadah plastik itu digunakan sebagai tempat makan. Berikut angka-angka yang menunjukkan bahwa wadah plastik itu bisa digunakan untuk menyimpan makanan:

Angka 2 di tengah segitiga berarti plastik ini aman digunakan untuk bahan makanan walau hanya sifatnya sekali pakai saja dan tidak boleh diisi ulang.

Angka 4 menunjukkan bahwa bahan plastik ini aman digunakan untuk lunchbox.

Angka 5 berarti aman untuk wadah makanan minuman bahkan untuk yang bersuhu panas sekalipun.

MENU LUNCH BOX SEHAT

Setelah siap dengan lunchbox yang aman, kini kita beralih pada menu sehat yang bisa dibawa sebagai bekal anak. Ciri menu makan siang bagi anak yang aktif adalah sebagai berikut:

  • Mengandung banyak energi
  • Mengandung protein yang cukup untuk sumber pertumbuhan, meningkatkan imun tubuh, memperbaiki dan memelihara jaringan tubuh
  • Lemak esensial untuk melarutkan vitamin dan mineral
  • Kandungan air dan serat yang cukup
  • Mudah dicerna

Berikut satu contoh menu sehat dari Madurasa yang cocok untuk jadi pilihan menu lunchbox anak Anda!

– Nasi
– Brokoli Rebus
– Ayam Madu
– Jeruk

CARA MEMBUAT AYAM MADU

Bahan:
3 sdm kecap asin
3 sdm saus hoisin
1 sdm Madurasa Murni (15 ml)
1 1/2 sdm olive oil
1 siung bawah putih dihaluskan
4 potong paha ayam

Cara memasak

  • Panaskan oven sampai 200C
    Campur semua bahan ke dalam wadah besar, rendam paha ayam ke campuran itu. Tutup wadah dan diamkan selama 15 menit di dalam kulkas.
  • Keluarkan potongan paha ayam dari wadah dan masukkan ke dalam panggangan selama 20 menit sampai berubah warna jadi keemasan.

Paduan karbohidrat, lemak, dan protein dalam lunchbox ini cukup mengenyangkan anak sampai sekolah usai. Apalagi adanya kandungan 15 ml Madurasa Murni dalam bahan Ayam Madu yang cukup untuk memenuhi setengah dari kebutuhan madu anak per hari. Cukup 15 ml madu per hari bagi anak, terbukti memicu regenerasi sel-sel dalam otak dan menstimulus produksi hormon-hormon yang berperan dalam kecerdasan dan daya ingat. Memberi madu pada anak dengan dosis 1 sendok makan per hari juga mendukung proses tumbuh kembang anak.

Buah sebagai pelengkap menu makan siang anak dapat membantu melancarkan pencernaannya bersamaan dengan khasiat madu yang berguna untuk menetralkan dan membersihkan sistem pencernaan agar sistem metabolisme tubuh anak tidak terganggu.

Pilih madu ya madurasa, karena madurasa murni terbuat dari 100% madu asli terbaik dari alam Indonesia dan diproses secara higienis yang menjadikan madurasa murni madu berkualitas terbaik. Selain itu, Madurasa juga membantu menjaga stamina dan daya tahan tubuh keluarga. Madurasa pilihan keluarga Indonesia. Madu Ya Madurasa


Article Terkait