Madu Sebagai Pengganti Gula Alami

Gula merupakan pemanis alami yang membuat cita rasa minuman maupun makanan menjadi lebih gurih dan lezat. Gula menjadi bagian dari hampir semua makanan, minuman, camilan, dan aneka kudapan kita sehari-hari. Tahukah Honeymom’s bahwa mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan akan berakibat buruk untuk kesehatan tubuh di kemudian hari? Selain ancaman diabetes, mengonsumsi gula berlebihan juga mengakibatkan obesitas, mengganggu fungsi  jantung, hati, ginjal, dan memicu pertumbuhan sel kanker. Duh, ngeri sekali ya, Honeymom’s!

Sebenarnya di sekitar kita juga tersedia pemanis alami lain yang lebih aman selain gula. Hanya saja, karena sudah terbiasa mengonsumsi gula yang harganya relatif murah serta mudah didapat, kita jadi enggan untuk berpindah pilihan. Benar begitu ya, Honeymom’s?

Salah satu pengganti gula yang aman dan alami adalah madu. Madu dan gula, keduanya termasuk jenis pemanis alami yang sering digunakan untuk membuat makanan atau minuman memiliki rasa manis. Dibanding gula, madu memiliki rasa lebih nikmat dan merupakan jenis pemanis yang mudah dipadukan dengan aneka jenis makanan dan minuman. Biasanya madu digunakan sebagai bahan olesan untuk beragam hidangan yang dibakar dan dipanggang karena madu bisa memberikan efek karamelisasi dan memperkuat rasa manis pada aneka makanan. Untuk minuman, madu bisa digunakan sebagai substitusi sirup atau menjadi pemanis pengganti gula. 

Pada dasarnya, madu dan gula memiliki kandungan yang sama, yaitu terdiri dari fruktosa dan glukosa, meski kadar kedua jenis karbohidrat tersebut berbeda. Madu lebih baik dan sehat untuk dikonsumsi ketimbang gula karena madu mempunyai kandungan gizi lain selain fruktosa dan glukosa. Berikut adalah beberapa fakta kenapa madu lebih baik dari gula.

  • Madu mengandung glukosa, fruktosa, vitamin, dan aneka jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Itulah sebabnya, aneka makanan yang mengandung madu sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh.
  • Antioksidan yang terdapat dalam madu digunakan tubuh untuk mencegah terjadinya peradangan sel yang berdampak pada kanker, menstabilkan tekanan darah, dan melindungi dari radikal bebas.
  • Madu memiliki kandungan lemak yang jauh lebih rendah jika dibandingkan gula. Oleh sebab itu, madu cocok bagi orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan. Adapun gula tidak mengandung zat gizi lain selain jenis karbohidrat sederhana dan kalori. 

Meski lebih menyehatkan dibandingkan gula, penggunaan madu pun sebaiknya dalam konsumsi yang wajar ya, Honeymom’s. Jangan asal memilih madu, tapi pilihlah madu yang berkualitas dan telah teruji seperti Madurasa.


Article Terkait