Madurasa FitKidz Multivitamin: Lima Alasan Mengapa Anak Jadi Picky Eater

Picky eater,–atau dalam bahasa kita menyebutnya “memilih-milih menu makanan”. Lebih sederhana lagi, istilah ini disebut juga sebagai “susah makan”. Hal ini sering terjadi pada anak di masa pertumbuhan. Banyak ibu yang mengeluh dengan masalah anak satu ini. Pusing, panik, sulit menemukan solusi, pun menjadi deretan dilema yang sering terjadi pada ibu. 

Hmm, sebenarnya apa sih alasan anak mendadak menjadi picky eater?

Mulai Mempunyai Pilihan Sendiri Pada Makanan

Saat anak sudah bisa merasakan perbedaan rasa yang ada pada makanan, biasanya anak tersebut hanya akan memilih makanan yang mereka sukai. Situasi seperti ini, anak umumnya akan banyak meminta kita untuk memberikannya makanan junk food. Sesekali menuruti permintaan anak sih boleh saja. Namun, jangan dilupakan jika makanan junk food tidak memiliki sumber nutrisi yang diperlukan oleh anak di masa pertumbuhannya. Coba memasak menu makanan sesuai dengan keinginan anak atau memasak bersama anak, kenapa nggak kita lakukan kan Honeymom’s? 

Pola makan berantakan

Rata-rata anak yang menjadi picky eater adalah anak yang memiliki pola makan tidak teratur. Mungkin Honeymom’s bisa mencoba untuk memberikan makan pada anak secara teratur, seperti tiga kali dalam sehari dan diselingi dengan 2 kali camilan sehat, dengan begitu si anak akan terhindar untuk memilih makanan dan pola makannya akan kembali teratur. Plus, menyantap makanannya pun akan lebih lahap. Yeay!

Anak bosan dengan rasa makanan yang itu-itu saja

Enak di lidah kita, belum tentu enak untuk si kecil. Keliru rasa seperti ini sering terjadi pada kita seorang ibu. Ketika membuat makanan untuk si kecil, pastikan sesuai dengan seleranya ya Honeymom’s. Hindari makanan yang mungkin si kecil nggak suka misalnya rasa pahit, jika si anak tidak suka maka kita harus menghindari sayuran yang memiliki rasa pahit.

Anak bosan dengan menu makanan sama

Hal ini tidak hanya terjadi pada anak kecil. Kita yang dewasa pun akan mudah merasa bosan jika menemukan menu makanan yang sama hampir di tiap hari. Betul nggak? Nah, Honeymom’s juga harus teliti ya dalam memberikan makanan kepada si kecil. Jangan sampai sering menyajikan makanan yang itu-itu saja, sehingga ia merasa bosan dengan makanan yang kita buat. Lebih kreatif dalam membuat makanan untuk si kecil akan membuat buah kita lebih senang. Misal, berikan ia menu-menu makanan dengan bentuk unik, lucu, dan membuat ia gemas ingin melahap makanannya. 

Tidak Merasa Lapar

Jangan lupa ya mom’s untuk perhatikan waktu saat memberikan makan pada si kecil, pastikan waktunya tepat karena kalo nggak tepat mungkin si kecil tidak mau makan.

Nah, itu tadi beberapa alasan kenapa si kecil suka banget memilih makanan. Semoga artikel FitKidz Multivitamin ini bisa membantu Honeymom’s dan si kecil ya. 

[Content Writer: Michelle Alexandra]


Article Terkait