Madurasa Tips: Bagaimana Cara Menguji Madu Asli atau Palsu

Belakangan ini semakin banyak saja barang-barang yang dipalsukan demi meraup keuntungan yang besar. Tidak hanya barang, madu yang biasa kita konsumsi untuk menjaga kesehatan pun juga dibuat versi palsunya. Kali ini, Madurasa ingin berbagi kepada kalian bagaimana cara menguji keaslian madu yang biasa kalian konsumsi.

Uji Ibu Jari

Terdengar unik bukan pengujian madu yang satu ini. Tetapi ini merupakan cara pertama dan paling mudah untuk dilakukan. Kalian hanya cukup melakukan tes madu menggunakan ujung ibu jari. Madu campuran umumnya akan menyebar, sedangkan madu asli akan tetap diam menggumpal di ujung jari.

Uji Air

Cara berikutnya merupakan cara termudah kedua. Pertama kalian cukup sediakan segelas air, kemudian teteskan madu kalian ke dalam gelas yang sudah diisi air. Jika madu larut maka madu tersebut memiliki kandungan air.

Uji Api

Teknik pengujian ini diperlukan pengawasan orang dewasa jika kalian ingin melakukannya. Pertama, sediakan korek api (bukan korek gas). Kemudian oleskan madu ke ujung pentol korek, lalu gesek pentol korek tersebut hingga api menyala. Jika api mudah menyala maka madu tersebut merupakan madu murni. Hal ini dikarenakan madu asli memiliki karakteristik mudah terbakar.

Uji Kertas

Terakhir, kalian dapat juga menguji keaslian madu dengan menggunakan kertas yang mampu menyerap. Tuang sesendok madu ke atas permukaan kertas, kemudian tunggu beberapa saat. Jika kertas mampu menyerap habis madu, maka dipastikan madu tersebut bukan madu murni. Cara pengujian ini merupakan cara paling efektif dan tidak terlalu rumit untuk dilakukan.

Nah, kira-kira itulah beberapa teknik yang dapat kalian lakukan untuk menguji kemurnian madu kalian. Jadi, jangan sampai kalian salah lagi dalam memilih madu dan yang terpenting pastikan kalian memperhatikan kemasan madu yang ingin dibeli mulai dari segel kemasan hingga tanggal kadaluarsanya. 

Masih bingung cara memilih madu yang asli dan palsu? Madu ya…Madurasa. 


Tips Terkait

Tips Madurasa: Madu & Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah Awet Muda

Tips Madurasa: Madu & Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah Awet Muda

Learn More
6 Cara Menikmati Madu di Tengah Cuaca Tidak Kondusif

6 Cara Menikmati Madu di Tengah Cuaca Tidak Kondusif

Learn More