Manfaat Madu Untuk Orang Yang Berpuasa

Manfaat Madu Untuk Orang Yang Berpuasa

Saat berpuasa, tubuh menahan haus dan lapar dalam waktu yang cukup lama. Jika tubuh tidak dibekali dengan asupan yang baik, maka ibadah puasa jadi tidak lancar akibat tubuh yang lemas dan kekurangan nutrisi. Untuk itu, Anda perlu konsumsi makanan kaya nutrisi selama berpuasa. Salah satu asupan kaya nutrisi yang baik yang bisa Anda konsumsi adalah madu. Manfaat madu bisa Anda rasakan selama berpuasa. Apa saja manfaat madu murni untuk orang yang berpuasa? Berikut infonya untuk Anda

Manfaat Madu Untuk Meningkatkan Energi Tubuh

Menurut National Institute of Health, madu murni sebanyak satu sendok makan ternyata setara dengan asupan 17g karbohidrat. Itu sebabnya madu bisa jadi salah satu pilihan tepat untuk meningkatkan kebutuhan energi. Madu mengandung sejumlah gula alami seperti fruktosa, maltosa, glukosa, dan sukrosa. Saat masuk ke dalam tubuh, kandungan tersebut akan diolah menjadi kalori yang bisa diandalkan untuk meningkatkan energi tubuh selama beraktivitas kala puasa.

Manfaat Madu Sebagai Pengganti Gula

Berbuka dengan yang manis memang menggoda selera, sesekali Anda bisa mencoba alternatif lain seperti madu. Madu tidak hanya memberi rasa manis dan lezat pada hidangan, tapi juga mengurangi efek buruk yang diakibatkan oleh konsumsi gula berlebihan. 1 sdm madu murni bisa jadi menu berbuka puasa yang sehat untuk Anda sekeluarga. 

Manfaat Madu Mencegah Penyakit Pada Lambung

Bagi Anda penderita refluks asam lambung (GERD) bulan puasa bisa menjadi tantangan tersendiri, sebab Anda harus ekstra hati-hati dalam mengatur pola makan guna menghindari asam lambung naik saat puasa. Menambahkan madu ke dalam daftar minuman Anda saat sahur bisa memberi manfaat baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu ternyata dapat mencegah peningkatan asam lambung, dengan cara memberi perlindungan pada kerongkongan (esofagus) dan lambung.

Manfaat Madu Menurunkan Kadar Trigliserida

Saat berbuka puasa, penting untuk tidak langsung menyantap makanan dalam jumlah banyak karena bisa memicu naiknya kadar trigliserida terutama jika Anda termasuk penggemar makan makanan berlemak. Peningkatan kadar trigliserida ini tidak bisa dianggap remeh, sebab bisa berujung pada penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Namun, penelitian yang dimuat dalam Journal of Medicinal Food menyebutkan bahwa ada hubungan antara minum madu murni secara teratur dengan penurunan kadar trigliserida. Minum madu murni saat sahur berpotensi memberikan efek ini. Meskipun madu murni memberikan efek positif terhadap penurunan kadar trigliserida, Anda sebaiknya tetap berbuka dengan jumlah wajar. 

Manfaat Madu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat puasa, umumnya penyakit seperti flu dan batuk sering terjadi, sehingga Anda perlu mewaspadainya. Anda bisa mencegahnya dengan konsumsi madu murni. Madu memiliki kemampuan meningkatkan daya tahan dengan baik. Dengan mengonsumsi 1-2 sendok madu murni saat sahur, tubuh akan menjadi lebih kuat dan bertenaga. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika sampai jatuh sakit, karena madu murni dapat menangkal radikal bebas yang masuk dengan sempurna.

Untuk Anda yang berpuasa, bisa konsumsi Madurasa Madu Murni yang memberikan manfaat madu yang sebenarnya. Anda bisa kunjungi https://madurasa.co.id/id/products/madurasa-botol-murni-150-gr-2/ untuk mendapat informasi produk Madurasa Madu Murni secara lengkap.


Article Terkait

Racikan Masker Madu Murni untuk Masalah Kulit Berjerawat

Racikan Masker Madu Murni untuk Masalah Kulit Berjerawat

Learn More