Manfaat Madu Untuk Mengurangi Sakit Maag

Sakit maag kerap dialami oleh banyak orang. Maag adalah gangguan pada sistem pencernaan yang menyebabkan perut terasa tidak nyaman dan nyeri. Penderita maag biasanya mengalami mual, kembung, sering bersendawa, cepat kenyang, merasa kenyang berkepanjangan setelah makan, serta nyeri pada ulu hati dan di tengah dada akibat naiknya asam lambung.

Tahukah Honeymom’s apa sih penyebab sakit maag? Beberapa hal ini pencetusnya:

  • Pola hidup tidak sehat: merokok, terlalu banyak mengonsumsi kafein, alkohol, dan minuman bersoda, makan terlalu cepat dan terlalu banyak, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, berlemak, atau berminyak, stres
  • Gangguan saluran pencernaan atau komplikasi dari kondisi medis tertentu
  • Efek samping penggunaan obat-obatan

Nah, jika penyebab sakit maag yang Honeymom’s alami adalah pola hidup yang tidak sehat, cobalah untuk mulai mengubahnya. Kurangi konsumsi makanan pedas, kafein, dan alkohol. Makanlah secara teratur dengan porsi yang cukup. Dan, yang tak kalah penting: hindari stres ya, Honeymom’s! Selain dengan obat-obatan, maag yang disebabkan oleh stres dapat diatasi dengan meditasi, latihan relaksasi, dan konseling.

Sakit maag ringan akan hilang dengan sendirinya, sedangkan sakit maag yang parah dapat diatasi dengan obat-obatan seperti antasida, antibiotik, dan antidepresan. Tetapi, ada juga lho, Honeymom’s, cara alami untuk mengobati sakit maag, yaitu dengan madu. Kenapa madu dapat mengobati sakit maag?

  • Mengontrol kadar garam pada lambung 

Madu memiliki kandungan yang bisa membentuk unsur garam untuk memicu reaksi alkali. Dengan begitu, sakit pada lambung bisa diminimalkan oleh madu.

  • Meringankan gejala

Madu bisa digunakan untuk meredakan gejala yang terjadi ketika kita terserang maag dan asam lambung. Hal ini bisa terjadi karena madu memiliki viskositas yang bisa membantu mengurangi gejala tersebut.  

  • Menyehatkan pencernaan

Kandungan kalium pada madu sangat tinggi sehingga bisa menyembuhkan sakit lambung sekaligus mencegah permasalahan yang mungkin timbul. Dengan rutin mengonsumsi madu, maag kronis bisa dicegah sedini mungkin.Sediakan selalu madu di rumah ya, Honeymom’s. Konsumsi madu secara teratur maka sistem pencernaan akan terjaga dengan baik. Selain bisa didapatkan di minimarket atau toko terdekat, Madurasa juga bisa dibeli secara online melalui akun resmi Air Mancur di Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak ya.


Article Terkait