Perbedaan Madu Hasil Lebah Hutan dan Lebah Ternak

Kamu suka mengonsumsi madu? Untuk kamu pecinta madu, berapa macam jenis madu yang sudah kamu coba? Sadar atau tidak, ternyata madu memiliki rasa yang tidak hanya manis saja lho. Madu pun memiliki rasa berbeda. Tidak hanya di rasa, tekstur madu pun ternyata tidak semua sama, meski namanya sama-sama “madu”. Hmm, kira-kira apa ya penyebab madu dapat berbeda rasa? Yuk, temukan jawabannya di artikel ini. 

Sama seperti sumber penghasilnya, madu pun dikategorikan menjadi 2 jenis. Pertama, madu hutan. Kedua, madu ternak. Apa yang membedakan dua jenis madu ini? Madu yang dihasilkan dari lebah yang ada di hutan biasanya disebut madu hutan. Sedangkan madu yang dihasilkan dari lebah yang diternakkan dikenal dengan madu ternak.

Perbedaan pertama ada pada jenis lebah. Untuk madu hutan, dihasilkan oleh jenis lebah Apis Dorsata. Apis dorsata merupakan lebah terbesar yang berukuran sekitar 1 sentimeter sampai 2,5 sentimeter. Lebah hutan ini merupakan lebah madu Asia yang paling produktif menghasilkan madu. Spesies ini berkembang hanya di kawasan sub-tropis dan tropis Asia, seperti Indonesia, Philipina, India, dan Nepal. Lebah ini tidak terdapat diluar Asia.

Lebah ternak, adalah lebah Apis Cerana dan Apis Mellifera. Kedua jenis lebah ini dipilih sebagai lebah ternak karena tidak memiliki sifat agresif seperti lebah hutan, Apis Dorsata. Lebah ternak mengambil sumber nektar dari satu jenis pohon utama (uni flora). Sedangkan Apis Dorsata mengambil sumber nektar dari beragam pohon (multiflora). 

Lainnya, madu hutan dianggap sebagai madu yang memiliki kualitas terbaik dari madu ternak. Mengapa? Karena sumber nektar yang diperoleh berasal langsung dari tumbuhan di hutan alami. Artinya, tumbuhan tersebut tidak tercemar oleh polusi dan pestisida. Sedangkan madu ternak, sumber makanan yang di dapat berasal dari tumbuhan yang cukup dekat dengan jangkauan bahan kimia, seperti pestisida dan polusi udara. 

Jadi baik mana madu hutan atau madu ternak? Kedua jenis madu ini memiliki kualitas yang sama-sama bagus,–asalkan pengolahan dilakukan secara alami dan baik. Namun madu hutan teksturnya agak lebih cair dibanding madu ternak, ini karena kontur hutan lebih basah sehingga memengaruhi madu yang dihasilkan mengandung lebih banyak air.

Nah, untuk pilihan madu terbaik, Ya…Madurasa. 


Article Terkait