Racikan Masker Madu Murni untuk Masalah Kulit Berjerawat

Racikan Masker Madu Murni untuk Masalah Kulit Berjerawat

Dari sekian banyak bahan alami, madu murni menjadi salah satu bahan yang bisa diandalkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit karena cukup aman dan minim iritasi. Kandungan fruktosa, glukosa, protein, asam amino, mineral, dan komponen lain di dalamnya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit termasuk kulit berjerawat. 

1. Masker madu murni dan garam 

Memilih madu murni untuk digunakan sebagai masker wajah juga tidak boleh sembarangan. Sebaiknya gunakan madu murni tanpa tambahan gula untuk hasil yang maksimal. Untuk mendapatkan manfaat masker madu murni setiap hari yang lebih optimal, madu murni bisa dicampurkan dengan bahan alami lainnya, seperti lemon atau kopi. Berikut racikan masker madu murni yang bisa dibuat untuk mengatasi masalah kulit berjerawat.

Masker madu murni untuk jerawat bisa dibuat dengan menambahkan madu murni dan beberapa sendok garam dapur atau garam himalaya. Baik madu murni maupun garam memiliki nutrisi yang dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat. Cara meraciknya pun mudah, campur tiga sendok madu murni dan satu sendok garam sampai membentuk adonan pasta. Oleskan ke kulit wajah yang berjerawat lalu pijat lembut agar nutrisinya meresap. Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas menggunakan air dingin.

2. Masker madu murni dan lemon

Campuran madu murni dan lemon dapat membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan bebas dari bekas jerawat. Agar terhindar dari iritasi, pastikan wajah tak sedang mengalami peradangan saat menggunakan masker ini. Cara meraciknya adalah dengan mencampur dua sendok madu murni dan satu sendok perasan lemon, lalu oleskan ke seluruh bagian wajah sampai merata. Diamkan selama 15 sampai 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

3. Masker madu murni dan gula

Sel kulit mati penyebab jerawat bisa dibersihkan secara alami dengan menggunakan masker madu murni dan gula. Campuran kedua bahan ini dapat membunuh bakteri dan kuman penyumbat pori sehingga beruntusan maupun komedo pun bisa dibersihkan dengan tuntas. Anda cukup mencampurkan madu murni dan gula menggunakan perbandingan 1:1 lalu oleskan dan gosok lembut di area wajah dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih lalu keringkan wajah.

4. Masker madu murni dan kunyit

Kemerahan di wajah akibat jerawat dapat mereda berkat bantuan dari zat antiinflamasi yang ada pada kunyit. Tak hanya itu, campuran madu murni dan kunyit juga dapat mencerahkan bekas jerawat dan membuat kulit jadi lebih lembab. Anda cukup mencampur madu murni dengan satu sendok kunyit bubuk atau parutannya sampai membentuk adonan pasta. Aplikasikan ke wajah dengan menggunakan kuas atau jari, lalu diamkan sampai kering sekitar 15 menit. Jika sudah, bilas menggunakan air bersih dan sabun cuci muka.

5. Masker madu murni dan tomat

Madu murni yang dicampur dengan tomat dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencegah penuaan dini. Dengan rutin menggunakan masker ini, bekas jerawat maupun hiperpigmentasi dapat berangsur-angsur membaik. Cara meraciknya adalah dengan hancurkan tomat lalu campur dengan satu sendok madu murni kemudian balurkan ke seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas sampai bersih. Lakukan perawatan masker madu murni tomat dua kali seminggu untuk hasil maksimal.

Selain memanfaatkan madu murni sebagai bahan masker untuk masalah kulit berjerawat, Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengonsumsinya langsung. Madurasa Madu Murni bisa menjadi pilihan Anda sekeluarga. Silahkan kunjungi https://madurasa.co.id/id/ untuk informasi seputar produk Madurasa.


Article Terkait