7 Khasiat Kunyit Putih dan Madu yang Jarang Diketahui. Apa Saja di Antaranya?

7 Khasiat Kunyit Putih dan Madu yang Jarang Diketahui. Apa Saja di Antaranya?

Mendengar madu, Honeymoms mungkin terpikir tentang pengobatan alami untuk kesehatan tubuh. Selain rasanya manis dan enak, sejumlah khasiat madu antara lain meningkatkan daya tahan tubuh, sumber energi, melancarkan pencernaan, dan masih banyak lagi. Nah, kalau mencampurkan khasiat kunyit putih dan madu, apa yang akan terpikir oleh Honeymoms? 

Mari mengenal kunyit putih dulu. Tanaman rempah ini berwarna terang dan rasanya lebih pahit dibanding kunyit kuning. Meski begitu, keduanya memiliki kandungan kurkumin dan minyak atsiri. Manfaatnya juga ampuh sebagai obat-obatan herbal sehingga khasiat kunyit putih dan madu lebih spesial lagi. 

Dilansir dari situs https://repository.pertanian.go.id/ berjudul Kunyit Putih, tanaman kunyit putih berasal dari Bangladesh, Sri Lanka, India, dan dibudidayakan secara luas di Indonesia, Tiongkok, Jepang, Brazil, Nepal, dan Thailand. Makanya, kunyit menjadi salah satu rempah dalam Ayurveda, yaitu pengobatan holistik tradisional dari India sejak lebih dari 3000 tahun lalu. Kunyit juga telah lama dipakai sebagai rempah pembuatan masakan di Asia Tenggara.

Risau tentang rasa pahit? Tenang, si manis madu secara dominan akan menutup rasa kunyit. Yuk, baca selengkapnya pembahasan tentang khasiat kunyit putih dan madu berikut ini. 

Berbeda warna, bubuk kunyit putih dan kunyit kuning bisa dicampurkan dengan madu yang terdapat dalam gelas

Kombinasi Khasiat Kunyit Putih dan Madu

Mengutip jurnal berjudul “Pengaruh Pemakaian Pasta Gigi Kunyit, Madu, serta Campuran kunyit dan Madu terhadap Jumlah Leukosit Saliva dan Gingivitis pada Anak” pada situs https://jurnal.ugm.ac.id/, madu dan kunyit merupakan bahan alam yang mengandung antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan. Sebelum mengulik khasiat kunyit putih dan madu, kita kenali dulu apa saja manfaat kunyit putih yang mirip dengan madu.

Dalam kunyit putih, senyawa Curcumin mengandung Lipopolisakarida yang berkhasiat menjaga imunitas. Curcumin bisa menghilangkan racun, menangkal radikal bebas, membuat kulit menjadi glowing, mengurangi berat badan, dan mencegah penuaan dini. Selain itu, minyak atsiri dalam kunyit putih juga bermanfaat sebagai aroma terapi dan melancarkan pencernaan.

Nah, khasiat kunyit putih dan madu tidak tumpang tindih, melainkan menjadi kombo dan bekerja semakin optimal. Penelitian lain menyebutkan bahwa kunyit yang dicampur dengan konstituen lain seperti madu, akan mempercepat tingkat penyerapannya dalam tubuh. Terlebih madu memiliki rasa manis yang bisa mengganti fungsi gula sehingga berterima pada banyak orang. 

Honeymoms, pasti kesehatan keluarga adalah prioritas utama. Kabar baik untuk kesehatan keluarga, mari kenali lebih dalam tentang khasiat kunyit putih dan madu di bawah ini, ya! 

1. Memperbaiki Sistem Pencernaan 

Khasiat kunyit putih dan madu bekerja dari sifat antiinflamasi dan antioksidan. Kunyit putih memiliki senyawa Curcumin dan allicin yang mengurangi peradangan yang muncul akibat infeksi di pencernaan, sedangkan madu mengandung flavonoid dan polifenol yang melindungi sel-sel saluran pencernaan akibat radikal bebas. 

Selain itu, kunyit putih juga dapat mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan dan merangsang produksi empedu oleh hati. Jadi, semakin maksimal dalam pencernaan lemak dan penyerapan nutrisi. Sementara enzim amilase pada madu membantu dalam pemecahan karbohidrat.

Jadi Honeymoms, kombinasi khasiat kunyit putih dan madu bisa meningkatkan penyerapan nutrisi oleh sel-sel di dalam saluran pencernaan.

Luka gores berwarna merah pada kaki harus diobati sebelum terjadi infeksi

2. Menyembuhkan Luka

Mirip dengan yang sebelumnya, khasiat kunyit putih dan madu berperan dari sifat antiinflamasi dan antimikroba. Senyawa allicin yang terkandung dalam kunyit putih juga berpotensi melawan berbagai mikroorganisme patogen dan mengurangi peradangan di sekitar luka. Di samping itu, madu juga mencegah infeksi pada luka.

Campuran khasiat kunyit putih dan madu bisa menjaga kelembaban pada area luka dan meningkatkan sirkulasi darah di sekitar luka. Kunyit putih juga berperan dalam regenerasi jaringan, yaitu mempercepat pertumbuhan sel baru untuk mengganti sel-sel yang rusak.

Seorang wanita mengambil khasiat kunyit putih dan madu dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Betulkah kalau perawatan kulit sangat penting bagi kaum hawa, Honeymoms? Nah, khasiat kunyit putih dan madu untuk kesehatan kulit karena memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan melembabkan. Kandungan antiinflamasi dalam kunyit putih dan madu dapat membantu meredakan kemerahan dan iritasi. Apalagi madu bisa menjaga kelembaban kulit. 

Curcumin sebagai agen antioksidan yang kuat dalam kunyit putih membantu melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Ditambah antioksidan madu yang melindungi kulit dari kerusakan sinar UV dan polusi lingkungan. 

Khasiat kunyit putih dan madu juga memberikan perlindungan dari infeksi kulit sehingga menjaga kulit tetap sehat. Campuran kunyit putih dan madu juga efektif untuk dijadikan masker wajah lho, Honeymoms!

4. Meredakan Flu dan Sakit Tenggorokan 

Khasiat kunyit putih dan madu berfungsi melawan flu dan sakit tenggorokan karena kandungan antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba. Sifat antioksidan dalam keduanya berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. 

Selain itu, sifat antimikroba di dalam kunyit putih juga membantu melawan infeksi bakteri dan virus yang menyebabkan gejala flu serta meredakan gejala hidung tersumbat dan batuk. Madu bisa meredakan rasa sakit dan iritasi akibat batuk terus menerus. 

Setelahnya, khasiat kunyit putih dan madu membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen sehingga membantu proses penyembuhan.

5. Mencegah Kanker 

Menariknya, curcumin yang terdapat di dalam kunyit putih memiliki sifat antitumor yang menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Hal ini menunjukkan efek yang positif terhadap beberapa kasus jenis kanker, termasuk Karsinoma Sel Skuamosa atau jenis kanker kulit yang terjadi akibat sinar UV matahari. 

Senyawa antioksidan pada madu seperti flavonoid juga dapat melawan radikal bebas yang melakukan pencegahan kanker. Khasiat kunyit putih dan madu juga berkontribusi pada regulasi sel apoptosis atau kematian sel yang terprogram sehingga mencegah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali.

Salah satu liputan Netmediatama yang diunggah ke Youtube, menayangkan seorang Ibu terbebas dari penyakit tumor otak hasil dari rutin mengonsumsi kunyit putih dan madu.

Seorang dokter menunjukkan phantom manekin anatomi jantung

6. Mengurangi Resiko Kardiovaskular 

Salah satu khasiat kunyit putih dan madu adalah mengurangi faktor resiko kardiovaskular, yaitu penyakit yang disebabkan adanya gangguan jantung dan pembuluh darah.

Berbagai penelitian menunjukkan berbagai bentuk kunyit berpotensi menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan kadar trigliserida atau lemak dalam aliran darah. Hal ini disebabkan oleh sifat antiinflamasi dan antioksidan dari curcumin.

Madu dapat mengurangi risiko kardiovaskular kemungkinan karena sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat, terutama dengan membatasi pertumbuhan plak. Sebuah studi menemukan dengan mengonsumsi 70 gram madu setiap hari selama 30 hari mengalami penurunan kadar kolesterol, trigliserida, dan peradangan. 

7. Mencegah Diabetes

Baik penelitian pada hewan dan pada manusia, kurkumin dan bahan aktif lainnya dalam kunyit memiliki mekanisme yang membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Tikus yang diberi ekstrak kunyit mengalami penurunan kadar gula darah secara signifikan.

Madu memiliki indeks glikemik (indikator kenaikan gula darah akibat karbohidrat) yang lebih rendah dibandingkan gula biasa sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah secara signifikan. Selain itu, madu terbukti meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang membantu meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dan mengurangi peradangan.

Jadi, khasiat kunyit putih dan madu memiliki kesamaan dalam mengurangi kadar gula darah ya, Honeymoms. 

Minuman herbal dari campuran susu, kunyit putih, dan madu disuguhkan dengan cemilan

Alternatif Mengonsumsi Kunyit Putih dan Madu

Kita telah mengetahui rasa manis madu yang unik dan bikin nagih, serta khasiat kunyit putih dan madu. Sekarang bagaimana cara meminumnya? Honeymoms, ada beragam cara untuk mengambil khasiat kunyit putih dan madu, termasuk mencampurkan keduanya kemudian diminum secara langsung sebagai cara termudah. 

Selain itu, Honeymoms bisa melakukan alternatif mengonsumsi kunyit putih dan madu agar tidak bosan. Tentunya khasiat kunyit putih dan madu tetap efektif dan tidak berkurang, ya!

  1. Mempersiapkan Kunyit Putih dan Madu

Tumbuk kunyit putih hingga rata. Ambil sekitar dua sendok teh dan campurkan dengan seperempat cangkir madu alami. Honeymoms juga bisa mencampurkan bubuk kunyit putih dan campurkan dengan dua sendok makan madu. 

Untuk meningkatkan penyerapan kurkumin dalam aliran darah, kombinasikan kunyit bubuk dengan lada hitam. Khasiat kunyit putih dan madu menjadi semakin maksimal.

  1. Tambahkan Susu Untuk Kesehatan Secara Menyeluruh

Susu menjadi asupan nutrisi yang baik untuk kesehatan keluarga Honeymoms. Maka,  masukkan campuran kunyit putih yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam segelas susu. Aduk rata dan minumlah. 

Perpaduan kunyit, madu, dan susu menjadikannya semakin lezat dan creamy di lidah. Cara mengambil khasiat kunyit putih dan madu dengan cara ini sangat cocok untuk anak-anak yang biasanya meminum susu sebagai sumber energi dan mendukung pertumbuhan tulang.

Minuman berwarna putih adalah susu, sedangkan minuman berwarna kuning adalah susu yang dicampur dengan kunyit dan madu.
  1. Waktu Untuk Meminum Kunyit Putih dan Madu 

Setelah makan malam atau sebelum tidur. Mengikuti rutinitas ini setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Honeymoms dan keluarga akan merasakan perbedaan energi yang drastis!

Untuk produk madu, tentunya jangan asal pilih. Madu yang enak, rasa manisnya pas, tidak berlebihan, dan aman dikonsumsi anak-anak cuma Madurasa. Selain itu, Madurasa terjamin higienis dan berkualitas. Sebab Madurasa merupakan satu-satunya produsen madu yang sudah bersertifikasi TOP BRAND dan sudah berlabel Halal MUI. 

Selain itu, Madurasa sudah mengantongi sertifikat ISO Internasional, GMP (Good Manufacturing Practices), CPPOB (Cara Pembuatan Pangan Olahan), berstandar Standar Nasional Indonesia (SNI) 8664:2018, serta ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Yuk, mulai mencari khasiat kunyit putih dan madu dengan Madurasa untuk kesehatan keluarga Honeymoms! 

Referensi

  1. https://repository.pertanian.go.id/items/cd4aa152-69c1-4b35-8c24-ac93b4f1ddaa 
  2. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/manfaat-kunyit-putih 
  3. https://jurnal.ugm.ac.id/jkg/article/viewFile/27849/17045 
  4. https://www.jpnn.com/news/5-khasiat-air-kunyit-campur-madu-ampuh-lawan-penyakit-kronis-ini 
  5. https://www.youtube.com/watch?v=Xty07enDcD8 
  6. https://wellnesstrickle.com/health-benefits-of-turmeric-and-honey/ 
  7. https://sundarbansjfmc.org/honey-and-turmeric-health-benefits/#:~:text=Turmeric%20prevents%20brain%20diseases%2C%20and,skin’s%20quality%20or%20treat%20acne
  8. https://themarispractice.com/honey-associated-health-benefits/

Artikel Terkait

10 Rekomendasi untuk Meningkatkan Berat Badan. Madu Penggemuk Badan Salah Satunya

10 Rekomendasi untuk Meningkatkan Berat Badan. Madu Penggemuk Badan Salah Satunya

Selengkapnya
Tak Cuma Enak, Berikut Manfaat Madu Untuk Anak 1 Tahun Bagi Kesehatan

Tak Cuma Enak, Berikut Manfaat Madu Untuk Anak 1 Tahun Bagi Kesehatan

Selengkapnya
Ternyata Lebah Madu di Indonesia Beragam. Apa Saja di Antaranya?

Ternyata Lebah Madu di Indonesia Beragam. Apa Saja di Antaranya?

Selengkapnya