Tak Cuma Enak, Berikut Manfaat Madu Untuk Anak 1 Tahun Bagi Kesehatan

Tak Cuma Enak, Berikut Manfaat Madu Untuk Anak 1 Tahun Bagi Kesehatan

Apakah madu digemari karena rasanya yang enak? Sepertinya itulah yang diyakini banyak orang. Tidak hanya rasa yang variatif dari manis sampai cenderung pahit, madu juga tetap menjadi favorit sejak ribuan tahun lalu mengingat segudang kandungan manfaatnya. Apalagi mencari madu untuk anak 1 tahun bagi Honeymoms yang memperhatikan gizi anak sejak kecil.  

Tetapi, perlu diperhatikan resiko madu untuk anak 1 tahun ke bawah. Alih-alih memperkaya nutrisi, malah jadi berbahaya. Hindarilah memberi madu untuk anak sebelum berumur 1 tahun karena terdapat resiko infeksi botulisme. Botulisme adalah keracunan yang disebabkan oleh paparan spora bakteri Clostridium botulinum di dalam madu yang berkembang biak di usus anak kurang dari 1 tahun karena sistem pencernaannya belum kuat. Gejalanya, anak mengalami panas, kembung, bahkan kejang.

Sendok makan berisi madu telah dijauhkan dari bayi berusia kurang dari 1 tahun.

Dilansir dari artikel pada situs https://www.idai.or.id/ yang berjudul “Tepatkah Madu Diberikan Pada Bayi?”, disebutkan bahwa pada anak besar atau orang dewasa, madu jarang menyebabkan masalah kesehatan karena flora normal usus dapat bersaing dengan spora yang masuk ke saluran cerna sehingga tidak timbul penyakit. Makanya, pemberian madu paling aman yaitu madu untuk anak 1 tahun ke atas ya, Honeymoms!

Apa saja manfaat madu untuk anak 1 tahun? Mari kita simak bahasan selengkapnya, ya!

Madu Untuk Anak 1 Tahun, Apa Saja Khasiatnya?

Honeymoms juga bisa memperkenalkan madu untuk anak 1 tahun secara kreatif, lho! Misalnya, madu sebagai bahan olesan roti panggang, selai untuk waffle dan pancake, atau sebagai pengganti gula pada smoothies. Dengan alternatif ini, rasa madu akan lebih berterima pada anak selagi Honeymoms memantau reaksi madu untuk anak 1 tahun. 

Dikutip dari situs https://saripediatri.org/ dalam artikelnya yang berjudul “Batuk Kronik pada Anak: Masalah dan Tata Laksana, pada pasien anak gejala batuk kronik atau berulang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, mengurangi nafsu makan, serta mengganggu proses tumbuh kembang. Selain itu, masalah kesehatan lainnya yang sering dijumpai pada anak-anak seperti tidak nafsu makan, sakit perut, dan terluka akibat aktif berlarian juga bisa mengganggu kehidupan sehari-harinya. Jadi, madu untuk anak 1 tahun menjadi nutrisi alami yang tepat untuk mencegah dan mempercepat penyembuhan.
Nah, saatnya menggali lagi apa saja manfaat madu untuk anak 1 tahun yang identik dengan masalah kesehatan di masanya. Baca selengkapnya, yuk!

1. Meningkatkan Nafsu Makan Anak 

Anak susah makan? Rasanya hampir semua anak mengalami fase ini ya. Honeymoms, jangan khawatir dulu dengan kemungkinan kurangnya berat badan anak. Sebab, pengaruh madu untuk anak 1 tahun ternyata signifikan terhadap gizi anak.

Apabila nutrisi anak cukup, artinya anak memiliki nafsu makan yang baik. Tingkatkan nutrisi anak dengan meminum madu secara rutin. Anak akan terlihat lebih sehat, lincah, dan tidak mudah terserang penyakit. 

Apalagi, biasanya anak-anak cenderung menyukai makanan manis. Cobalah memanfaatkan hal ini untuk mengonsumsi madu untuk anak 1 tahun supaya mereka bisa semakin berselera untuk makan. 

Anak 1 tahun ke atas terlihat lahap menyantap makanan manis setelah mengonsumsi madu penambah nafsu makan.

2. Meredakan Batuk Pilek Anak

Honeymoms mungkin geram saat anak dalam kondisi sehat, tiba-tiba tertular temannya yang mengalami batuk dan pilek. Itulah mengapa madu untuk anak 1 tahun dibutuhkan untuk daya tahan tubuh anak. 

Suatu penelitian mengatakan, dua sendok teh/hari bisa meredakan batuk pada malam hari sehingga si kecil tidur lebih nyenyak. Hal ini karena madu mengandung anti-inflamasi, anti-mikroba, dan ekspektoran alami. 

Mengonsumsi madu untuk anak 1 tahun juga meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh yang menangkal radikal bebas terhadap segala masalah kesehatan anak. 

3. Menyembuhkan Luka Pada Anak 

Usia balita dan usia dini memang masanya bermain dan aktif bergerak. Sering kali mereka berlarian ke sana – ke sini sampai jatuh dan kulitnya tergores. 

Kalau sudah begini, Honeymoms bisa mencoba mengoleskan madu untuk anak 1 tahun pada luka si kecil yang sudah dibersihkan. Dengan kandungan antimikroba yang bisa melawan bakteri dan mencegah infeksi, luka di kulit menjadi cepat pulih. 

4. Memelihara Pencernaan Anak 

Honeymoms, hati-hati terhadap gangguan pencernaan pada anak. Berbagai faktor bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti infeksi pada usus atau alergi. Pastikan penyebabnya terlebih dahulu melalui konsultasi dokter anak.

Untuk pencegahannya, Honeymoms bisa memberi madu untuk anak 1 tahun sebagai probiotik alami dengan kandungan 0,75% fructooligosaccharides (FOS). Prebiotik alami baik untuk anak karena dapat membantu menghentikan pertumbuhan bakteri pada usus. 

Selain itu, madu untuk anak 1 tahun mendukung aktivitas bakteri baik lewat senyawa prebiotik alami Lactobacillus dan Bifidobacterium yang diperlukan untuk memelihara kesehatan pencernaan anak.

5. Menjaga Kekebalan Tubuh Anak 

Seperti yang sudah disebutkan, madu untuk anak 1 tahun bisa menjauhkan anak dari peradangan atau terjangkitnya penyakit berkat kandungan antioksidannya. Peradangan adalah sumber penyakit seperti jantung, kanker, dan gangguan autoimun.

Di samping itu, senyawa polifenol sebagai antioksidan dalam madu untuk anak 1 tahun memiliki efek antiinflamasi yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. 

Manfaat antioksidan lainnya yaitu mempercepat proses pemulihan dari peradangan dan penyakit lainnya. Si kecil jadi tidak mudah sakit dan tetap bugar sepanjang hari.

Anak 1 tahun sedang mengkonsumsi buah-buahan serta minuman yang telah dicampur dengan madu.

Madu Untuk Anak 1 Tahun, Bagaimana Cara Memberinya

Sekarang, Honeymoms sudah mengetahui khasiat madu untuk anak 1 tahun, terutama untuk menanggulangi penyakit yang identik diderita si kecil. Selanjutnya, Honeymoms mungkin penasaran apa saja strategi yang aman pemberian madu untuk anak.  Berikut ini merupakan tips pemberian madu untuk anak 1 tahun secara aman:

  1. Konsumsi Dalam Takaran Sedikit 

Untuk memulai pemberian madu untuk anak 1 tahun, Honeymoms perlu memperhatikan reaksi yang terjadi pada anak. Oleh sebab itu, berikanlah madu dalam takaran sedikit sejumlah 1 sendok teh atau setara dengan 25 gram madu. Sebaliknya, hentikan pemberian madu apabila muncul tanda-tanda alergi atau masalah kesehatan lainnya. 

  1. Campur Dengan Makanan Lain

Honeymoms bisa berkreasi dalam pemberian madu untuk anak 1 tahun, seperti mengoles madu pada roti, menjadikan madu sebagai topping makanan, atau membuat cemilan berbahan dasar madu. Dengan begitu, anak si penyuka manis semakin lahap menyantap makanannya.

Seorang anak sekitar 1 tahun ke atas terlihat sedang mengolesi roti dengan selai madu.
  1. Pilih Brand Yang Terpercaya

Pentingnya memilih madu enak, sehat, dan terpercaya demi jaminan kesehatan keluarga Honeymoms. Madurasa murni adalah satu-satunya produsen madu yang bersertifikat TOP BRAND, berlabel Halal MUI, bersertifikat ISO Internasional, GMP (Good Manufacturing Practices) dan CPPOB (Cara Pembuatan Pangan Olahan). Dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) 8664:2018 yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN), Madurasa terbukti memiliki kandungan yang berkualitas serta terbaik untuk kesehatan keluarga Honeymoms, terlebih sebagai madu untuk anak 1 tahun ke atas. 

Yuk, rutin mengonsumsi Madurasa!

Referensi

  1. https://saripediatri.org/index.php/sari-pediatri/article/view/895
  2. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/tepatkah-madu-diberikan-pada-bayi 
  3. https://www.generasimaju.co.id/artikel/1-tahun/nutrisi-makanan/manfaat-madu-untuk-anak 
  4. https://www.nutriclub.co.id/artikel/nutrisi/1-tahun/manfaat-madu-untuk-anak 
  5. https://www.vidoran.com/read/nutrisi/jenis-madu-yang-boleh-diberikan-untuk-bayi

Artikel Terkait

7 Khasiat Kunyit Putih dan Madu yang Jarang Diketahui. Apa Saja di Antaranya?

7 Khasiat Kunyit Putih dan Madu yang Jarang Diketahui. Apa Saja di Antaranya?

Selengkapnya
10 Rekomendasi untuk Meningkatkan Berat Badan. Madu Penggemuk Badan Salah Satunya

10 Rekomendasi untuk Meningkatkan Berat Badan. Madu Penggemuk Badan Salah Satunya

Selengkapnya
Ternyata Lebah Madu di Indonesia Beragam. Apa Saja di Antaranya?

Ternyata Lebah Madu di Indonesia Beragam. Apa Saja di Antaranya?

Selengkapnya