Fitkidz Multivitamin: 4 Cara Menjaga Pola Tidur Anak

Fitkidz Multivitamin: 4 Cara Menjaga Pola Tidur Anak
06Feb


Tidur merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Waktu tidur berkualitas dibutuhkan agar tubuh si kecil dapat beristirahat, sehingga ketika bangun keesokan harinya dia merasa segar dan juga mendapat energi yang baru. Namun, seringkali si kecil sulit diatur untuk tidur tepat waktu sehingga pola tidur si kecil berantakan dan cukup berdampak pada semangat mereka keesokan harinya yang lesu dan lelah karena kurangnya waktu tidur. Bahkan seorang ahli saraf dari Sick Kids Toronto menyatakan bahwa masalah kurang tidur yang cukup akan berdampak pada kesehatan si kecil mulai dari adanya masalah ingatan (memori) dan pembelajaran, hiperaktif yang melanda, hingga perubahan hormon yang berbahaya seperti terjangkit obesitas, diabetes, dan juga hipertensi lho honyemom’s, bayangkan dampaknya yang begitu buruk untuk si kecil.


Mengajak si kecil tidur tepat waktu pada jam yang seharusnya memang cukup sulit untuk diterapkan karena begitu banyak kegiatan yang menghalanginya, oleh karena itu honeymom’s harus selalu perhatikan jadwal tidur si kecil dan cari tahu berbagai cara lainnya untuk menjaga waktu tidur si kecil, yuk simak artikelnya ya honyemom’s.


Batasi Pemakaian Gadget 

Tidak dapat dipungkiri bahwa gadget menjadi salah satu pemicu waktu tidur anak menjadi tidak beraturan. Tidak harus melarangan si kecil memainkan gadgetnya namun, penggunaan gadget harus tetap kita awasi dan juga dibatasi ya honeymom’s. Disarankan untuk menghindari penggunaan gadget menjelang waktu tidur si kecil, karena akan berdampak pada mata si kecil yang kelelahan karena terlalu lama dalam menatap layar smartphone dengan paparan cahaya biru yang dikeluarkan oleh smartphone akan membuat retina mata menjadi tegang bahkan bisa menimbulkan pada katarak pada si kecil. Selain itu si kecil akan merasakan ketagihan bermain hingga lupa waktu dan melewati jam tidur yang seharusnya, hal ini akan memicu kelelahan otak pada si kecil sehingga sulit mencerna pelajaran pada keesokan harinya karena kelelahan dan kurang tidur.


Membuat Jadwal Tidur yang Rutin 

Disiplin waktu terutama waktu tidur merupakan hal yang harus diterapkan pada si kecil, karena kebiasaan yang ditanamkan pada si kecil akan menjadi kebiasaan baik di masa depan lho honyemom’s. Walaupun waktu tidur terdengar sepele, hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan-- biasakan ajak tidur si kecil mulai dari pukul 8 atau 9  agar mereka mendapatkan waktu tidur yang cukup sehingga tidak sulit untuk dibangunkan pada pagi hari ataupun sampai ketiduran di waktu sekolah, apabila kita biasakan disiplin waktu tidur mereka akan terbiasa dimanapun mereka berada sehingga mereka menjadi pribadi yang mandiri. 


Berikan Asupan Yang Cukup

Memperhatikan asupan si kecil sangatlah penting sebelum tidur, jangan biarkan si kecil makan cemilan manis atau meminum minuman yang tinggi kafein karena makanan manis akan memicu kerusakan gigi sejak dini serta apabila meminum minuman tinggi kafein  akan membuat si kecil susah tidur. Penting halnya membuat si kecil kenyang sebelum tidur agar mereka lebih nyaman saat tidur dan tidak rewel di malam hari. Namun, batasi waktu makan si kecil 45 menit sebelum waktu tidur agar makanan dan minuman dapat dicerna dengan baik.


Siapkan Lingkungan dan Tempat Tidur yang Nyaman

Seringkali si kecil rewel tidak mau tidur, mungkin salah satu penyebabnya adalah lingkungan yang kurang nyaman seperti halnya dalam kamar tidur mereka atau tempat tidur yang digunakan. Honeymom’s bisa coba perhatikan peralatan tidur yang digunakan oleh si kecil, seperti sprei berbahan kurang nyaman yang menimbulkan gatal, bantal atau guling yang terlalu keras sehingga memicu sakit leher bagi si kecil, atau bahkan selimut yang terlalu tebal sehingga membuat mereka sesak. Selain peralatan tidur lingkungan kamar yang tidak nyaman juga bisa menjadi penyebab mereka sulit tidur seperti suhu ruangan yang terlalu dingin atau panas bahkan sampai dalam pencahayaan, seringkali mereka takut pada kegelapan yang akan memicu mimpi buruk solusinya adalah bisa berikan lampu tidur berkarakter yang mereka sukai sehingga mereka dapat tidur dengan nyenyak.


Memperhatikan waktu tidur si kecil sangat penting lho Honyemom’s, karena hal tersebut membantu tumbuh kembang si kecil yang lebih optimal.


Dapatkan Produk Madurasa di Marketplace Kesayangan Anda