Kandungan Nutrisi Pada Madu

Madu sudah lama menjadi bagian dari kehidupan manusia. Rasanya yang manis menyerupai gula sering digunakan untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Warna, rasa, dan aroma dari madu berbeda-beda tergantung dari nektar bunga yang dikunjungi oleh lebah madu. Rasanya pun bermacam-macam, mulai dari ringan, sedang, hingga pekat, dan terkadang madu memiliki aroma seperti bunga asal nektarnya.

Apakah Honeymom’s sudah tahu bagaimana cerita awal madu? Madu berasal dari nektar bunga yang dikumpulkan oleh para lebah lalu secara alami diubah menjadi cairan gula dan disimpan dalam sarang. Peternak lebah memanen madu dengan cara mengumpulkan sarang-sarang lebah yang berisi madu. Karena berasal dari nektar yang berbeda, warna dan aroma madu dapat berbeda meskipun berasal dari produsen yang sama ya. 

Madu menjadi bagian dari pola hidup sehat, kerap digunakan sebagai alternatif pengganti gula. Meskipun sama-sama berfungsi sebagai pemanis dan mengandung karbohidrat, tetapi kandungan zat lain yang ada di dalam madu membuat madu memiliki keunggulan dibanding pemanis yang lain. 

Berikut adalah fakta kandungan nutrisi yang terdapat dalam madu:

Fruktosa: 38.2%

Glukosa: 31.3%

Maltosa: 7.1%

Sukrosa: 1.3%

Air: 17.2%

Gula paling tinggi: 1.5%

Abu (analisis kimia): 0.2%

Lain-lain: 3.2%

Terdapat kandungan vitamin dan mineral di dalam madu yaitu: Vitamin A, Beta Caroten, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Phospor, Zat besi, Kalsium, Kalium Khlorida, Yodium, Natrium, Tembaga, dan Mangan. Selain kandungan tersebut, madu juga mengandung enzim penting untuk memperlancar reaksi kimia dari berbagai metabolisme di dalam tubuh. Wah, lengkap sekali ya, Honeymom’s?

Dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap, madu dapat Honeymom’s gunakan sebagai suplemen tambahan untuk menjaga imunitas tubuh seluruh anggota keluarga sekaligus sebagai pemanis pengganti gula. Madurasa memiliki beragam varian madu yakni Madurasa Murni, Madurasa Original, Madurasa Premium, Madurasa Kurma, dan Madurasa Jeruk Nipis yang dapat Honeymom’s pilih sesuai dengan kebutuhan. Juga tersedia multivitamin khusus untuk anak-anak yakni Madurasa FitKidz. Sehat selalu dan tetap jaga kesehatan ya, Honeymom’s!


Article Terkait